Dollar AS Tertekan Setelah NAFTA  Berpeluang Terbentuk Kembali

Dollar AS Tertekan Setelah NAFTA Berpeluang Terbentuk Kembali

Kamis, 30 Agustus 2018 15:04:02 WIB

Dollar jatuh pada hari Kamis karena permintaan safe haven untuk mata uang dollar berkurang setelah negosiasi Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) antara AS dan Meksiko tercapai kemarin dan saat ini kedua negara sedang mendekati Kanada agar kembali masuk NAFTA.

Indeks dollar AS, yang melacak kekuatan greenback terhadap sekeranjang enam mata uang global lainnya, turun menjadi 94,48 atau melemah 0,05% dari penutupan kemarin.

Dalam rangka menghidupkan kembali NAFTA, AS dan Meksiko sepakat menaikkan jumlah produksi mobil dari 62,5% menjadi 75% dari total nilai kendaraan yang diproduksi keduanya. Ambang batas yang lebih tinggi ini disepakati untuk mengurangi porsi mobil dari Asia, serta mendorong manufaktur dan lapangan kerja sektor otomotif di kedua negara

Mengenai NAFTA, AS dan Meksiko setuju untuk memperbarui tiap 16 tahun sekali. Awalnya, AS mengusulkan NAFTA ditinjau ulang tiap lima tahun namun ditentang Kanada karena akan mengganggu investasi jangka panjang.

Greenback dianggap sebagai aset safe haven dalam beberapa bulan terakhir karena penguatannya terhadap mata-mata uang dunia lainnya sangat tajam , ditunjang perekonomian AS yang sedang dalam kondisi sangat bagus dengan tingkat pengangguran berada di rekor terendah, Sehingga berita baik dari Amerika Utara malah menekan greenback.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search