Dollar Bertahan Kuat di Tengah Sentimen Safe Haven

Dollar Bertahan Kuat di Tengah Sentimen Safe Haven

Senin, 17 Desember 2018 11:09:18 WIB

Dollar AS bertahan di dekat level tertinggi 19-bulan pada hari Senin, didukung oleh pembelian safe haven karena meningkatnya kekhawatiran perlambatan ekonomi global yang mengurangi selera untuk aset berisiko seperti saham dan mata uang Asia.

Data ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan dari China dan Eropa dan kekhawatiran pemerintah AS yang mengancam akan menghentikan aktivitas pemerintahan memicu ketakutan investor yang menjauh dari saham menuju aset safe haven seperti greenback dan yen.

"Dollar jelas menunjukkan sebagai aset menarik selama masa tekanan pasar," kata Ray Attrill, kepala strategi mata uang di NAB.

Penjualan ritel November China tumbuh pada laju terlemah mereka sejak 2003 dan output industri naik setidaknya dalam hampir tiga tahun karena permintaan domestik melunak berlanjut. Kenaikan penjualan hanya 8.1 persen, lebih rendah dari estimasi 8,8 pesen dan bulan Oktober yang naik 8.6 persen.

Sementara pemerintahan Donald Trump mengancam akan melakukan shutdown administrasi jika fraksi Partai Demokrat di parlemen tidak menyetujui anggaran untuk pembangunan tembok di perbatasan Meksiko.

Indeks dolar (DXY), yang mengukur nilainya versus enam mata uang utama, sedikit berubah pada 97,40, di bawah tertinggi 19 bulan di 97,71 yang dicapai pada hari Jumat.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search