Dollar Fluktuatif Antisipasi Data Non Farm Payrolls

Dollar Fluktuatif Antisipasi Data Non Farm Payrolls

Kamis, 03 Januari 2013 21:29:34 WIB

Monexnews -

Dollar AS pulih dari pelemahan paska eforia fiscal cliff memudar di hari Kamis, berbalik menguat tajam hanya berselang sehari setelah diraih kesepakatan fiscal cliff akibat para pelaku pasar mempertimbangkan efek negatif dari penundaan kesepakatan pemotongan anggaran belanja AS.

Terpantau sejauh ini indeks Dollar AS menguat 0.35% di level 80.22 dibandingkan penutupan sehari sebelumnya di kisaran 79.84. Indeks Dollar AS bahkan sempat anjlok ke level 79.39 akibat eforia kesepakatan jurang fiskal di tahun baru.

Situasi ini menggambarkan keraguan para investor bahwa kesepakatan fiscal cliff terakhir belum menghilangkan resiko di pasar keuangan sehingga terpic aksi profit taking untuk berjaga-jaga seandainya situasi fiscal kembali memburuk jika Demokrat dan Republik gagal meraih kesepakatan untuk menaikkan plafon utang dan pemotongan anggaran belanja dalam waktu dekat.

Para investor juga berpotensi untuk merubah posisi Dollar nya untuk kembali beralih ke valuta berisiko setelah dilaporkan data

tenaga kerja ADP yang naik lampaui estimasi dan mengindikasikan data non farm payrolls AS hari Jumat besok yang positif. Meskipun level ADP tidak selalu berkorelasi terhadap data NFP, namun secara umum indikator ADP cukup handal untuk memberikan petunjuk arah data NFP, yang berarti laju pertumbuhan tenaga kerja AS seharusnya mengalami kenaikan lagi di bulan Desember.

Data klaim tunjangan penganggur meskipun naik ke 372,000, namun data

jobless claims cenderung volatile selama musim liburan, sehingga kenaikan jobless claims kurang begitu mengejutkan, dan jika diperhatikan secara keseluruhan klaim tunjangan penganggur di bulan Desember masih cukup rendah dibanding bulan November sehingga masih konsisten dengan prediksi data NFP yang mengalami kenaikan.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search