Dollar Melemah, Prospeknya Lihat Hasil Rapat The Fed

Dollar Melemah, Prospeknya Lihat Hasil Rapat The Fed

Selasa, 18 Desember 2018 17:49:17 WIB

Menjelang dimulainya rapat kebijakan The Fed, dollar masih terlihat tertekan sejak perdagangan sesi Asia hari ini. Hal ini menjadi sentimen positif untuk harga emas dan mata uang lainnya seperti euro dan poundsterling.

Pada rapat kali ini, The Fed hampir bisa dipastikan akan menaikkan suku bunganya yang keempat dan yang terakhir di tahun 2018. Meski begitu, yang menjadi perhatian para pelaku pasar adalah outlook kebijakan dan kenaikan suku bunga lanjutan dari The Fed pada tahun 2019.

Wall Street melaporkan, melihat masih adanya potensi pelambatan ekonomi global, para pelaku pasar berekspektasi bahwa proyeksi kenaikan suku bnga The Fed di tahun 2019 tidak akan seagresif seperti yang diekspektasikan sebelumnya. Bahkan - masih mengutip laporan Wall Street - probabilitas meningkat kalau The Fed bisa saja menahan suku bunga hingga tiga tahun mendatang.

Itu artinya, jika dihitung dengan kenaikan yang akan terjadi pada hari Kamis, suku bunga The Fed akan ditahan di level 2,50%.

Meski ada prospek kebijakan yang dovish dari The Fed, dollar membukukan performa yang baik sepanjang tahun ini semenjak bank sentral mulai secara agresif menaikkan suku bunganya di tahun 2018. Dollar juga mendapat dukungan dan semakin melebar gap kebijakan dengan bank sentral utama lainnya. Seperti European Central Bank (ECB) yang pada Kamis lalu dinilai dovish. Belum ada proyeksi kenaikan suku bunga, bahkan telah memangkas proyeksi perekonomian zona euro.

Pada pukul 17.43 WIB indeks dollar berada di level 96.85, melanjutkan pelemahan pada perdagangan kemarin yang ditutup di level 97.05.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search