Dollar Melemah di Tengah Perkembangan Hubungan Dagang AS-China

Dollar Melemah di Tengah Perkembangan Hubungan Dagang AS-China

Jum'at, 16 November 2018 11:36:21 WIB

Perkembangan hubungan perdagangan China-AS yang dikabarkan positif membuat dollar melemah di sesi Asia, akhir pekan. Beredar kabar AS akan menunda kebijakan tarif berikutnya pada barang asal China.

Indeks dolar (DXY), ukuran nilainya versus enam mata uang utama, diperdagangkan pada 96,99, turun 0,12 persen pada hari Jumat. Indeks dolar mencapai tertinggi 16 bulan di 97,69 pada awal pekan ini.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer telah mengatakan kepada beberapa pimpinan perusahaan di AS bahwa putaran lain dari tarif AS atas impor Cina telah ditunda. Namun juru bicara Wakil Perdagangan AS kemudian membantah laporan ini.

Sikap AS akan semakin keras atau melunak terhadap China diprediksi masih jadi perdebatan di internal pemerintahan Trump. Kepastian akan didapat sampai pertemuan G-20 mendatang di Buenos Aires Argentina akhir November ini.

Sebagian besar analis memperkirakan dollar akan tetap dalam posisi menguat dalam beberapa bulan mendatang berkat komitmen Federal Reserve untuk terus meningkatkan suku bunga secara bertahap. Kenaikan keempat untuk tahun ini diprediksi akan terjadi bulan depan, didukung oleh ekonomi yang kuat dan meningkatnya tekanan upah.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search