Dollar Melemah Tajam dan Akan Berlanjut Meski The Fed Naikkan Suku Bunga

Dollar Melemah Tajam dan Akan Berlanjut Meski The Fed Naikkan Suku Bunga

Kamis, 20 September 2018 19:51:59 WIB

Indeks dollar melemah tajam ke level 93.88 di tengah pasar yang tampaknya membutuhkan katalis baru dengan mengabaikan dampak perang dagang AS-China. Beberapa bank besar dunia malah memproyeksikan dollar akan dalam tren bearish saat The Fed akan naikkan suku bunganya yang ketiga pekan depan tepatnya tanggal 27 September 2018 waktu Indonesia.

Mengutip Bloomberg, BNP Paribas memproyeksikan greenback akan terdepresiasi hingga 10% dalam enam sampai sembilan bulan kedepan. Invesco Ltd memberikan proyeksi dollar akan melemah terhadap euro hingga 3% pada akhir tahun ini. Dua perusahaan bank ini akan melihat bagaimana keputusan The Fed terutama sikap mereka terkait eskalasi perang dagang yang dipandang masih akan berdampak negatif baik untuk AS maupun untuk China.

Para analis juga memandang ketika dollar sudah menguat hingga 5% hanya dalam waktu singkat - tepatnya sejak pertengahan April - yang didukung oleh solidnya perekonomian AS dan outlook kenaikan suku bunga. Kondisi tersebut sangat memungkinkan bagi dollar untuk mendapat momentum bearishnya.

The Fed akan mengumumkan kebijakan moneternya pada pekan depan. Pasar menilai, probabilitas kenaikan suku bunga The Fed pekan depan sudah tinggi dan berkemungkinan besar untuk menaikkan suku bunga lagi di akhir tahun ini. Total suku bunga acuan The Fed dinaikkan sebanyak empat kali di sepanjang tahun 2018 di bawah kepemimpinan Jerome Powell.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search