Dollar Melemah Tajam Karena Cuitan Trump

Dollar Melemah Tajam Karena Cuitan Trump

Jum'at, 20 Juli 2018 23:26:25 WIB
Dollar balik melemah tajam di sesi AS pada hari ini karena investor merespon pernyataan Presiden AS Donald Trump. Kali ini Trump menuliskan cuitan pada akun media sosialnya terkait kekecewaannya terhadap langkah The Fed yang secara agresif akan menaikkan suku bunganya. Cuitan ini seakan mempertegas pernyataannya sebelumnya saat di wawancara oleh CNBC.

Trump menilai bahwa The Fed telah merusak perekonomian yang sudah dirancang selama masa kepemimpinannya. Padahal solidnya perekonomian AS menjadi salah satu pertimbangan The Fed secara agresif menaikkan suku bunganya. Trump justru menilai hal tersebut dinilai tidak tepat.

Terkait menguatnya dollar pasca pernyataan hawkish The Fed pada Selasa lalu (17 Juli), dalam cuitan lainnya Trump juga menuduh mitra dagangnya - yaitu China dan Uni Eropa - yang dianggap memanipulasi pelemahan mata uang mereka.

Mata uang yuan memang sempat membentuk level terendah setahun. Sedangkan mata uang euro, seperti yang sudah diketahui, masih akan tetap mempertahankan suku bunga rendah di angka 0,00% dan telah membuat gap kebijakan moneter antara The Fed dan European Central Bank (ECB). Trump menilai bahwa mitra dagangnya ini seperti memanfaatkan kondisi ini untuk mengambil keuntungan dari hubungan perdagangan dengan AS.

Dua cuitan Trump langsung direspon oleh investor dan membuat indeks dollar bergerak melemah tajam dari level tertinggi setahun. Pukul 23.23 WIB indeks dollar berada di level 94.59 melemah tajam dari level tertinggi hari ini di 95.28 dan level tertinggi setahun di 95.65.
(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search