Dovish ECB Tegaskan Perlambatan Ekonomi, USDJPY Lanjut Melemah ke 111.37

Dovish ECB Tegaskan Perlambatan Ekonomi, USDJPY Lanjut Melemah ke 111.37

Jum'at, 08 Maret 2019 11:00:15 WIB

USDJPY melanjutkan pelemahan di perdagangan Jumat setelah imbal hasil US Treasury melemah karena keputusan bank sentral Eropa (ECB) yang menunda kenaikan bunga hingga 2020, dari rencana semula di tahun ini. Selain itu ECB mengeluarkan program pinjaman lunak jangka panjang (TLTRO jilid ketiga) ke perbankan guna mendorong angka inflasi menuju target 2 persen.

Saat penulisan, USDJPY melemah 0,16 persen atau 18 pip dari penutupan kemarin.

Sebelumnya sentimen safe haven juga menekan pasangan ini Kamis kemarin karena lembaga OECD memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global di tahun ini.

TLTRO, singkatan dari targeted longer-term refinancing operations atau operasi refinancing jangka panjang yang ditargetkan adalah salah satu alat kebijakan moneter non-standar ECB. Melalui TLTRO, ECB memberikan pinjaman jangka panjang kepada bank dan menawarkan mereka insentif untuk meningkatkan pinjaman mereka kepada dunia bisnis dan konsumen di kawasan euro.

Program Ini untuk membantu mengembalikan tingkat inflasi ke level di bawah, tetapi mendekati 2% dalam jangka menengah. Seri TLTRO pertama diluncurkan pada tahun 2014. Seri kedua, diperkenalkan pada Maret 2016, disebut TLTRO-II dan yang terbaru merupakan TLTRO-III.

Keputusan ECB ini menegaskan kondisi perekonomian global memang sedang melambat.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search