Eskalasi Perang Dagang Meluas ke Uni Eropa, EURUSD Melemah

Eskalasi Perang Dagang Meluas ke Uni Eropa, EURUSD Melemah

Jum'at, 31 Agustus 2018 20:43:15 WIB

Di tengah kekhawatiran perang dagang AS-China, eskalasi perang dagang yang dilakukan oleh Presiden Trump kini mengincar Uni Eropa - mitra dagang terbesar AS setelah China. Pasalnya Presiden Trump nampaknya akan menolak proposal pengajuan Uni Eropa untuk mengeliminasi tarif impor produk otomotif dari negara kelompok mata uang euro itu. Trump menyebutkan bahwa pengajuan itu disebut "tidak cukup bagus".

Pernyataan Trump tersebut direspon oleh pasar dan membebani pergerakan EURUSD di perdagangan sesi AS ini dengan melemah ke level rendah 1.1625. Ini karena bahwa akan terjadi kekhawatiran perang dagang lagi antara AS dan Uni Eropa, meski Uni Eropa belum memberikan pernyataan akan membalas layaknya China kepada AS.

Sebelumnya, Presiden Trump memang akan memberlakukan tarif impor sektor otomotif dari Uni Eropa. Khususnya mobil dari Jerman seperti Volkswagen AG, Daimler AG, dan BMW AG. Ketika Trump memberikan outlook akan menolak pengajuan tersebut, beberapa analis melihat bahwa eskalasi perang dagang kemungkinan akan berkembang pula di Uni Eropa.

Hingga pukul 20.40 WIB EURUSD diperdagangkan di level 1.1634 melemah sekitar 31 pip dari level pembuka perdagangan hari ini di level 1.1665.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search