Euro Anjlok Seiring Buruknya Laporan Industri Zona Euro

Euro Anjlok Seiring Buruknya Laporan Industri Zona Euro

Kamis, 12 Desember 2013 20:27:03 WIB

Monexnews -

Euro hentikan penguatan selama tujuh hari terakhir terhadap dollar AS seiring laporan menunjukkan produksi industri di 17 negara kawasan euro berkontraksi di bulan Oktober, menunjukkan sifat pemulihan ekonomi yang tidak merata di kawasan tersebut.

Mata uang Eropa melemah dari level tertinggi dalam enam pekan terhadap greenback. Dollar naik terhadap yen seiring investor mempertimbangkan laporan ekonomi AS sebelum pertemuan Federal Reserve pada pekan depan. Mata uang Swedia, krona, melemah setelah sebuah laporan menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di negara tersebut melonjak. Mata uang Selandia Baru menguat seiring bank sentral mengatakan bahwa kenaikan suku bunga mungkin di perlukan.

Meskipun ada pemulihan di zona euro, momentumnya saat ini melambat, kata Alvin Tan, seorang analis mata uang di Societe Generale SA di London. Namun untuk euro agar terlihat turun berkelanjutan kita pasti perlu ECB untuk benar-benar bergerak untuk sampaikan pesan yang lebih dovish.

Euro turun sebesar 0.1% menjadi $1.3772 pada pukul 20.18 wib. Euro mencapai level $1.3811 kemarin, level tertinggi sejak 29 Oktober. Penguatan selama tujuh hari beruntun sama dengan reli terpanjang sejak penguatan selama delapan hari sampai 28 Apri l 2011. Mata uang Eropa menguat sebesar 0.2% menjadi 141.50 yen. Dollar menguat sebesar 0.3% menjadi 102.74 yen, hentikan penurunan selama dua hari yang sebesar 0.8%.

Produksi industry di zona euro turun 1.1% di bulan Oktober, di bandingkan dengan penurunan 0.2% pada bulan sebelumnya, di laporkan oleh Eurostat di Luxemburg pada hari ini. Estimasi median dari 35 ekonom dalam jajak pendapat Bloomberg sebelumnya serukan kenaikan 0.3%.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search