Euro Terjegal Oleh Faktor Teknikal dan Yen

Euro Terjegal Oleh Faktor Teknikal dan Yen

Kamis, 24 Januari 2013 13:06:35 WIB

Monexnews - Mata uang tunggal Euro nampak tertekan pada range sempit dan bergerak tipis di atas level $1.33 pada perdagangan hari Kamis (24/01) karena lebih disebabkan oleh faktor teknikal dan penguatan Yen Jepang.

Rally Yen pekan ini terutama terkait kebijakan pelonggaran Bank Sentral Jepang (BOJ) yang meleset dari ekspektasi pasar. Hasil rapat BOJ lalu (22/01) memutuskan untuk menjalankan program buka-tutup pelongaran, namun sebagian besar pembelian aset tambahan, baru ditetapkan untuk tahun depan (2014) bukan tahun 2013 ini, sehingga hal itu memicu penguatan

yen terhadap USD dan Euro.

Sebelumnya Euro juga melemah tajam akibat beredarnya spekulasi bahwa beberapa bank besar Jerman diminta untuk menyisihkan sebagian dana investasi mereka untuk operasional perbankan. Kebijakan itu dianggap membebani karena aktivitas diversifikasi sektor perbankan akan terhambat.

Namun demikian, secara keseluruhan sentimen terhadap aset zona Euro masih terus menunjukkan perbaikan seiring meredanya kekhawatiran krisis hutang. Investor juga terpantau mulai mengantisipasi pembayaran sebagian pinjaman yang diperoleh bank-bank Eropa dari European Central Bank (

ECB) tahun lalu. Sekitar 100 milyar diperkirakan akan dibayarkan kembali kepada ECB pekan depan.

Hingga sesi siang, kurs Euro berkisar di area 1.3314 dan sempat melemah ke level 1.3295 setelah hanya mampu menguat ke level tinggi 1.3324. Kontras dengan level tinggi sesi kemarin yang mencapai 1.3354 dan berakhir ditutup pada 1.3319.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search