EURUSD Anjlok Tajam ke 1.1301 Usai PMI Manufaktur Jerman Alami Kontraksi Ketigakalinya

EURUSD Anjlok Tajam ke 1.1301 Usai PMI Manufaktur Jerman Alami Kontraksi Ketigakalinya

Jum'at, 22 Maret 2019 16:06:50 WIB

Pasangan mata uang EURUSD anjlok tajam usai data PMI manufaktur flash Jerman di bulan Maret yang jauh di bawah estimasi sekaligus menandai kontraksi tiga bulan beruntun.

Data yang baru saja dirilis menunjukkan PMI manufaktir flash Jerman Maret turun ke 44,7, sementara prediksi mengatakan di angka 48 dan data di bulan sebelumnya di angka 47,6. Kontraksi PMI manufaktur di perekonomian terbesar Zona Euro ini sudah mulai terjadi sejak Januari dimana saat itu berada di angka 49,9. Di Desember tahun lalu manufaktur Jerman masih mengalami ekspansi, tepatnya di angka 51.5. Angka 50 merupakan batas untuk menentukan apakah aktivitas manufaktur mengalami ekspansi atau kontraksi.

Data ini menegaskan perlambatan di Zona Euro makin menjadi-jadi dan sebagai dampak perang perdagangan AS-China. Perlambatan ekonomi ini dikhawatirkan bank sentral Eropa (ECB) sehingga ECB mengeluarkan kebijakan pinjaman lunak ke bank agar disalurkan ke masyarakat.

EURUSD anjlok tajam dari 1.1386 menjadi 1.1295 dalam satu jam terakhir sebelum kemudian berbalik ke 1.1301, atau turun 0,61 persen, setara 70 pip dari penutupan sesi New York semalam.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search