EURUSD Hancur Dibawah 1.2900 Paska Data GDP Eropa

EURUSD Hancur Dibawah 1.2900 Paska Data GDP Eropa

Rabu, 15 Mei 2013 17:10:14 WIB

Monexnews -

Mata uang Euro terpukul oleh data pertumbuhan GDP zona Euro yang lebih buruk menjadi -0.2% dibawah estimasi -0.1% sehingga pairing EURUSD anjlok dibawah 1.2900 di sesi perdagangan Eropa.

Mata uang tunggal menyentuh level terendah 6 minggu terhadap Dollar seiring laporan GDP menunjukkan bahwa zona Euro terjebak dalam fase resesi terpanjangnya sejak diperkenalkan mata uang Euro. Data GDP zona Euro yang lemah diisebabkan oleh melesetnya angka GDP

Jerman dan Prancis dibawah estimasi, laporan GDP Jerman hanya mampu naik 0.1% di Q1, dibanding estimasi 0.3%, sedangkan laju GDP Prancis mengalami kontraksi -0.2% dibawah estimasi -0.1%.

Laju pertumbuhan ekonomi zona Euro yang lemah di negara inti zona Euro merupakan katalis negatif bagi kawasan Eropa secara keseluruhan mengindikasikan bahwa rebound aktivitas perekonomian masih sulit diharapkan seiring prospek kenaikan indeks PMI cukup suram.

Di lain pihak, sikap pasif ECB dalam menghadapi pemotongan anggaran fiskal menyebabkan laju pertumbuhan zona Euro sulit untuk bangkit. Jika langkah eksperimen dari BoJ pada kebijakan moneter akomodatif yang sangat agresif berhasil mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jepang, maka tekanan bagi para pejabat Eropa untuk melonggarkan moneternya akan semakin membesar.

Terpantau sejauh ini pairing EURUSD melemah -0.28% di level 1.2881, setelah meraih titik tertinggi intraday di 1.2941, dan titik terendah hariannya di 1.2876. Secara teknikal bias intraday masih bearish, mengincar area 1.2835, sebelum menuju area support kunci 1.2800. Di sisi atasnya, resisten terdekat tampak di area 1.2910 1.2930, tembus lagi diatas area tersebut dapat membawa harga ke zona netral karena arahnya menjadi kurang jelas di jangka pendek, namun secara keseluruhan skenario bearish masih dominan selama harga bertahan dibawah area 1.3015.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search