EURUSD Lanjut Menguat ke 1.1250 Respons Peluang Fed Turunkan Bunga di Juli

EURUSD Lanjut Menguat ke 1.1250 Respons Peluang Fed Turunkan Bunga di Juli

Selasa, 04 Juni 2019 10:42:57 WIB

Dollar melemah terhadap mata uang utama global lainnya pada Selasa (4/6/2019), terutama euro usai pernyataan bernada dovish dari pejabat Federal Reserve yang membuka peluang penurunan bunga acuan The Fed pada pertemuan FOMC bulan depan.

Kepala Fed St Louis James Bullard mengatakan penurunan suku bunga Fed akan segera dipastikan. Menurunkan target suku bunga jangka pendek bank sentral dapat dilakukan untuk menopang inflasi dan melawan risiko ekonomi dari meningkatnya perang perdagangan.

Bullard memang dikenal sebagai figur pejabat The Fed yang dovish, anggota FOMC yang memiliki hak suara penentuan bunga Fed di tahun ini, dan pendukung utama untuk menjaga biaya pinjaman tetap rendah. Ia merupakan anggota Fed pertama yang secara terbuka menyatakan penurunan suku bunga usai Fed menahan suku bunga pada bulan Januari.

Pernyataan Bullard meningkatkan pembelian obligasi AS atau US Treasury sehingga yield semakin menurun. Terhadap yield obligasi Jerman yang menjadi acuan di zona euro, spreadnya semakin menyempit sejak Jumat.

Spread antara yield obligasi pemerintah 10-tahun AS dan Jerman turun ke 233 basis poin pada hari Jumat, level terendah sejak April 2018. Sementara itu, perbedaan yield dua-tahun turun ke 260 basis poin, level terendah sejak Februari 2018.

Akibatnya, EURUSD menguat sejak Jumat, berlanjut pada Senin kemarin dan hingga Selasa. Saat penulisan EURUSD menguat ke 1.1250, naik 0,09 persen atau 11 pip.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search