EURUSD Melemah ke 1.1344 di Tengah Membaiknya Sentimen Risiko

EURUSD Melemah ke 1.1344 di Tengah Membaiknya Sentimen Risiko

Senin, 04 Maret 2019 15:42:18 WIB

EURUSD melemah di tengah menguatnya sentimen aset risiko pada perdagangan Senin (4/3/2019) karena perjanjian perdagangan AS dan China kian mendekati kenyatan. Bursa saham di negara-negara Asia menghijau di tengah berita Wall Journal bahwa kedua pemimpin negara dengan perekonomian terbesar dunia ini pada 27 Maret untuk menyepakati perjanjian perdagangan kedua negara.

Saat penulisan, EURUSD diperdagangkan di 1.1344, turun 0,14 persen atau 17 pip dari penutupan akhir pekan.

Pasangan ini tetap tidak dapat menembus resisten di 1.1400 meskipun muncul sentimen aset berisiko, terkait semakin jelasnya kesepakatan perdagangan antara AS dan Cina.

Setiap normalisasi hubungan antara AS dan China kemungkinan akan membuka jalan bagi lebih banyak kenaikan suku bunga Fed. Hal ini yang menyebabkan menguatnya dollar terhadap euro karena spread bunga Federal Reserve dan European Central Bank yang akan semakin jauh.

Dalam perang dagang yang berlangsung sejak tahun lalu, AS telah mengenakan bea masuk terhadap berbagai produk China senilai US$250 miliar dan telah dibalas Beijing dengan menjatuhkan bea impor terhadap barang-barang AS senilai US$110 miliar. Pearng tarif ini merugikan kedua negara dan mengancam perlambatan ekonomi globla bahkan ancaman resesi global.

Dari segi data pada sesi Eropa sore ini akan dirilis Indeks Keyakinan Investor yang diukur oleh indeks Sentix pada pukul 16.30 WIB, disusul rilis Indeks Harga Produsen Januari setengah jam kemudian. Data dari zona euro ini akan mempengaruhi EURUSD selama sesi Eropa awal pekan.

Dari sisi AS sendiri hari ini tidak ada rilis data kuat yang akan mempengaruhi pergerakan EURUSD dan pasar lebih menantikan data data indeks manajer pembelian ISM non manufaktur Selasa besok.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search