EURUSD Tertekan Di Bawah 1.1000 Karena Fundamental Zona Euro Yang Memburuk

EURUSD Tertekan Di Bawah 1.1000 Karena Fundamental Zona Euro Yang Memburuk

Senin, 02 September 2019 11:19:25 WIB
EURUSD bergerak saat ini (2/9) bergerak di kisaran 1.0989, rebound setelah sempat tertekan ke level terendah 2019, 1.0963 di hari Jumat (30/8). Level terendah 2019 ini adalah level terendah sejak bulan Juni 2017. Tekanan terhadap EURUSD ini akibat data-data fundamental ekonomi zona euro yang memburuk.

Tingkat inflasi zona euro dalam tren penurunan dan di bulan Agustus 2019 tercatat berada di kisaran 1%. Inflasi yang menurun bisa mengindikasikan bahwa ekonomi tidak bertumbuh. Para pemangku kebijakan was-was bila inflasi berubah menjadi deflasi.

Sementara laju pertumbuhan tidak terlalu tinggi, stabil di 0,2% di kuartal ke-2 2019. Dua negara besar zona euro yaitu Jerman dan Italia mengalami tingkat pertumbuhan yang mengkhawatirkan. Pertumbuhan GDP Jerman kuartal ke-2 2019 tercatat -0,1%, sementara Italia tercatat 0%.

Zona Euro tidak lagi bisa bergantung pada sektor manufaktur karena sektor ini telah mengalami kontraksi sejak 6 bulan terakhir. Dari negara-negara besar di Eropa, hanya Perancis yang PMI Manufakturnya masih di wilayah ekspansi.

Kondisi yang demikian menyebabkan Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) mendapatkan tekanan untuk melonggarkan lagi kebijakan moneternya dengan melakukan pemangkasan suku bunga atau alat moneter lainnya. ECB akan mempublikasikan keputusan kebijakan moneternya pada tanggal 12 September 2019.

Jadwal pertemuan bank sentral bisa dilihat di: https://monexnews.com/calendar/central-bank-meeting.htm
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search