EURUSD Tertekan Ke 1.1161 Karena Outlook Yang Tidak Menguntungkan Euro

EURUSD Tertekan Ke 1.1161 Karena Outlook Yang Tidak Menguntungkan Euro

Senin, 12 Agustus 2019 15:51:15 WIB
EURUSD tertekan ke area 1.1161 hari ini (12/8) saat pembukaan pasar Eropa. Sebelumnya EURUSD bertengger di atas 1.1200. Tertekannya EURUSD ini karena outlook yang tidak menguntungkan euro.

Beberapa faktor yang menekan nilai tukar euro terhadap dollar AS yaitu perang dagang AS-Tiongkok, ketidakpastian politik Italia dan potensi pemangkasan suku bunga acuan Bank Sentral Eropa (ECB).

Perang dagang AS dan Tiongkok menciptakan ketidakpastian di perekonomian global yang membuat para pelaku pasar berhati-hati sehingga aktivitas perdagangan global menjadi terganggu dan berpotensi mendorong pelambatan ekonomi global termasuk di Eropa.

Italia yang merupakan negara perekonomian terbesar ketiga Eropa setelah Jerman dan Prancis sedang dibayangi situasi politik yang tidak stabil. Pemimpin partai berkuasa di Italia, Matteo Salvini, menarik dukungannya terhadap pemerintahan koalisi dan meminta pemilu baru.

Ketidakpastian politik Italia ini akan merembet ke perekonomiannya dimana Italia sedang mengalami krisis anggaran. Dengan rasio hutangnya yang tinggi sekitar 132 persen dari GDP, Italia, dengan mudah, bisa mengalami krisis keuangan, yang tentunya bisa mengganggu perekonomian Eropa.

Survei terakhir Bloomberg dan Reuters terhadap para ekonom tidak menunjukkan adanya kemungkinan pemangkasan suku bunga acuan ECB di September. Tapi, overnight index swap menunjukkan kemungkinan 100% pemangkasan suku bunga acuan ECB sebesar 10% pada rapat yang diadakan di bulan September.

Data indeks tersebut juga memunculkan kemungkinan pemangkasan ke-2 sebesar 10% di bulan Oktober atau di bulan Desember. Selain itu, pemangkasan ke-3 mungkin terjadi di bulan Maret 2020.




(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search