Fed Pangkas Suku Bunga Tapi Sikap Fed Tidak Dovish, Dollar AS Menguat

Fed Pangkas Suku Bunga Tapi Sikap Fed Tidak Dovish, Dollar AS Menguat

Kamis, 01 Agustus 2019 03:44:14 WIB
Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) memutuskan untuk memangkas suku bunganya sebesar 25 basis poin menjadi 2-2.25% sesuai dengan perkiraan pasar. Namun demikian, pernyataan Gubernur the Fed, Jerome Powell, dimaknai tidak dovish oleh para pelaku pasar.

Dollar AS menguat terhadap sejumlah mata uang utama dunia. Indeks dollar AS bergerak menguat 0,57% dari 98.06 saat awal pengumuman hingga mencapai 98.61, dua jam kemudian. Harga emas terdorong turun ke kevek $1413 per troy ons dari sebelumnya di kisaran $1427 per troy ons. Sementara harga minyak mentah WTI melemah dari $58.53 per barel menjadi $57.93 per barel.

Powell mengatakan bahwa meskipun terjadi pemangkasan, ini bukanlah awal dari rentetan panjang pemangkasan selanjutnya. "Tapi saya tidak mengatakan hanya akan dipangkas satu kali."

Pemangkasan kali ini dirancang sebagai jaminan untuk mengurangi risiko pelambatan ekonomi dan bukan awal dari siklus panjang pelonggaran moneter. "Kami berpikir bahwa kebijakan ini diperlukan sebagai penyesuaian kebijakan tengah siklus", kata Powell.

Pada rapat kebijakan moneter (FOMC) kali ini, tidak seluruh anggota FOMC yang hadir menyetujui keputusan pemangkasan suku bunga. Ada dua anggota yang tidak menyetujui yaitu Presiden Fed Kansas City, Esther George, dan Presiden Fed Boston, Eric Rosengren. Ini adalah kali pertama sejak kepemimpinan Powell, tidak ada suara bulat dalam pengambilan keputusan.

The Fed dijadwalkan akan mengumumkan hasil kebijakan moneternya lagi tanggal 19 September 2019. Jadwal lengkap bisa dilihat di sini: https://monexnews.com/calendar/central-bank-meeting.htm
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search