GBPUSD Bergerak di Bawah 1.3100, Tertekan Mandeknya Perundingan Brexit

GBPUSD Bergerak di Bawah 1.3100, Tertekan Mandeknya Perundingan Brexit

Jum'at, 08 Maret 2019 18:26:26 WIB

GBPUSD kekurangan data pendorong penguat pada perdagangan Jumat (8/3/2019) di tengah berita Brexit yang tak kunjung menemui perbaikan dalam draf kesepakatan dengan Uni Eropa dan penurunan outlook inflasi dan PDB zona euro oleh ECB pada pertemuan moneternya kemarin.

Saat penulisan, GBPUSD diperdagangkan di bawah 1.3100, tepatnya 1.3082, atau hanya terpaut 3 pip lebih tinggi dari penutupan sesi Amerika kemarin.

Pertemuan minggu ini antara jaksa agung Inggris Geoffrey Cox dan kepala perunding Uni Eropa Michel Barnier telah berakhir tanpa kemajuan. Cox berharap untuk meyakinkan rekan-rekan Uni Eropa-nya untuk menentukan batas waktu atau klausul keluar dari backstop di Irlandia - rencana perdebatan untuk menghindari perbatasan keras di Irlandia - untuk memenangkan dukungan dari anggota parlemen Konservatif yang mendukung Brexit. Namun para pemimpin UE belum beranjak dari pendiriannya.

The Times melaporkan bahwa para pejabat Uni Eropa telah sepakat "untuk memberikan jaminan hukum kepada pemerintah bahwa backstop akan bersifat sementara dalam teks perjanjian penarikan".

Hambatan penguatan GBP juga datang dari kepurusan ECB yang menggulirkan kembali program stimulusnya, walau bentuknya berbeda dengan quantitaive easing. Keputusan ECB memberi pinjaman jangka panjang ke perbankan dipicu perlambatan ekonomi.

Presiden ECB Mario Draghi mengungkapkan pemangkasan outlook pertumbuhan zona euro, dari semula 1,7 persen enam bulan lalu menjadi 1,1 persen serta berlanjutnya program stimulus ECB guna mendorong inflasi ke angka target 2 persen. Draghi menyebutkan perkiraan inflasi di tahun ini di angka 1,2 persen, setelah sebelumnya ECB memprediksi di angka 1,6 persen.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search