Hasil ECB Minutes Tak Mampu Menopang EURUSD

Hasil ECB Minutes Tak Mampu Menopang EURUSD

Kamis, 23 Agustus 2018 23:26:38 WIB

Rilis dari European Central Bank (ECB) Minutes pukul 18.30 WIB tadi tidak mampu menjadi penggerak maupun katalis positif bagi EURUSD hingga sesi AS. Secara keseluruhan, ECB memang tidak memberikan kejutan seperti memberikan sinyal sikap hawkish terkait kebijakan moneter yang akan dijalankan.

ECB masih tetap akan mempertahankan suku bunga rendah 0,00% hingga musim panas 2019 mendatang - sekitar bulan Juli 2019. Terkait quantitative easing (QE), ECB juga tetap pada jalur pengurangan secara bertahap yang akan berakhir Desember 2018. Seperti yang sudah disepakati pada pertemuan Juni lalu.

Meski begitu, tampaknya ECB masih mengkhawatirkan pertumbuhan inflasi Zona Euro. Padahal hingga bulan Juli lalu angka inflasi sudah berada di 2,1%, sedikit di atas target ECB di angka 2%.

"Secara keseluruhan, ketidakpastian prospek inflasi masih harus diperhatikan dengan diiringi kebijakan moneter yang diambil secara bijaksana," salah satu kalimat pada risalah ECB.

Satu hal yang tampaknya masih menjadi tekanan bagi EURUSD adalah ECB masih tetap berhati-hati dan mempertimbangkan dampak kenaikan tarif impor AS yang selalu dikhawatirkan menimbulkan perang dagang. Sikap proteksionisme AS memang menjadi beban tersendiri yang akan berdampak pada perekonomian di Zona Euro. Bahkan ECB menurunkan ekspektasi mereka terhadap perekonomian di paruh kedua tahun 2018.

Hingga pukul 23.19 WIB EURUSD masih terlihat dalam tekanan jual dengan diperdagangkan di level 1.1553 turun sekitar 41 pip dari penutupan perdagangan kemarin dan mengakhiri reli lima hari beruntun. Dollar yang menguat pasca FOMC Minutes telah menjadi beban euro sejak awal perdagangan hari ini.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search