Indeks Dollar AS Sudah Menguat 5 Hari Beruntun

Indeks Dollar AS Sudah Menguat 5 Hari Beruntun

Selasa, 20 Agustus 2019 11:39:34 WIB
Indeks dollar Amerika Serikat (AS) sudah menguat dalam 5 hari terakhir, naik hampir 1% dari penutupan tanggal 12 Agustus 2019. Saat ini indeks dollar AS berada di kisaran 98.30. Kenaikan indeks dollar AS ini didukung oleh kenaikan tingkat imbal hasil obligasi dan ekspektasi stimulus global.

Tingkat imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun sempat terpuruk ke level 1.502 karena persepsi pelambatan ekonomi AS akibat perang dagang. Tapi di awal pekan ini, tingkat imbal hasil obligasi AS tersebut mulai menguat ke level 1.591. Penguatan ini seiring dengan meredanya kekhawatiran pasar terhadap kemungkinan terjadinya resesi di AS.

Harapan untuk dilakukannya stimulus di dua perekonomian besar dunia seperti Jerman dan Tiongkok membantu meredakan kekhawatiran resesi global. Jerman mengalami pertumbuhan ekonomi minus pada kuartal ke-2 2019, sementara Tiongkok mengalami pelambatan pertumbuhan dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, ekspektasi stimulus di kedua negara ini memberikan sentimen positif di kalangan pelaku pasar.

Para pelaku pasar akan memperhatikan data indeks manufaktur dan sektor jasa Jerman, Perancis dan Zona Euro serta dua notula rapat dari dua bank sentral utama dunia di hari Kamis. Pertemuan bank sentral di Jackson Hole selama 3 hari juga akan menjadi fokus pasar.

Jadwal data ekonomi lengkap bisa dilihat di sini: https://monexnews.com/calendar/homeCalendar.htm

(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search