Indeks Dollar Menguat di Tengah Dua Sentimen Internal AS

Indeks Dollar Menguat di Tengah Dua Sentimen Internal AS

Jum'at, 21 Desember 2018 17:52:26 WIB

Indeks dollar terlihat menguat tajam di perdagangan sesi Eropa. Selama dua hari ini kekuatan dollar memang terlihat volatil. Setelah melemah tajam pada perdagangan kemarin, hari ini indeks dollar balik menguat tajam.

Pada hari ini fokus pasar akan tertuju pada rilis data core durable goods order dan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) kuartalan AS. Dua data ini akan menguji kekuatan dollar selanjutnya.

Pada hari Kamis, The Fed sudah menaikkan suku bunga acuannya dan prospek di tahun depan hanya akan terjadi dua kali kenaikan suku bunga. Berkurang satu kali dari proyeksi awal yang diekspektasikan bisa terjadi hingga tinga kali kenaikan. Meski proyeksinya berkurang, kenaikan suku bnga yang akan dilanjutkan juga harus melihat fundamental ekonomi AS selanjutnya karena The Fed turut memangkas angka PDB dan laju inflasi AS di tahun depan.

Respon pelaku pasar yang membuat dollar bergerak sangat volatil. Satu sisi, kekhawatiran melambatnya pertumbuhan ekonomi AS menjadi sentimen negatif untuk dollar. Di sisi lain, prospek kenaikan suku bunga di tahun depan dapat memancing minat investor terhadap dollar dan berpotensi membuat dollar menguat.

Hingga pukul 17.49 WIB indeks dollar berada di level 96.61 menguat tajam dari level penutupan pada perdagangan kemarin di level 96.45.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search