Indeks Dollar Merosot Di 99.14 Menantikan Data NFP ADP

Indeks Dollar Merosot Di 99.14 Menantikan Data NFP ADP

Rabu, 02 Oktober 2019 10:53:14 WIB
Indeks dollar Amerika Serikat (AS) Rabu pagi ini bergerak di kisaran 99.14 menantikan rilis data tenaga kerja AS, Non Farm Payrolls bulan September versi Automatic Data Processing Inc. (ADP). Indeks dollar merosot 0,6% semalam dari level tertinggi 99.67 setelah data Indeks Manufaktur AS bulan September dirilis di bawah ekspektasi dan masih di jalur kontraksi, 47,8 vs 50,4. Harga emas pun sempat terkerek naik ke area $1487 per troy ons.

Data tenaga kerja AS selalu menjadi fokus perhatian pelaku pasar keuangan karena data tenaga kerja ini adalah salah satu indikator kesehatan ekonomi AS dan juga salah satu pertimbangan untuk mengubah kebijakan moneter oleh Bank Sentral AS. Oleh karena itu penguatan dan pelemahan dollar AS juga bergantung pada data tenaga kerja tersebut.

Malam ini pukul 19.15 WIB, dari AS, data tenaga kerja versi ADP akan dirilis. Data ini memperkirakan perubahan jumlah orang yang dipekerjakan selama 1 bulan sebelumnya di luar industri pertanian dan pemerintahan. Untuk mendapatkan estimasi tersebut, ADP menganalisa data payroll dari lebih dari 23 juta pekerja.

Data ini memberikan gambaran awal mengenai pertumbuhan lapangan pekerjaan dan dirilis 2 hari sebelum data tenaga kerja versi pemerintah.

Sepanjang tahun 2019, data NFP versi ADP ini menunjukan rata-rata pertumbuhan 176 ribu pekerja setiap bulannya. Yang terbaru, di bulan Agustus 2019, telah terestimasi jumlah pekerja tumbuh 195 ribu. Dan data bulan September yang akan dirilis malam ini diperkirakan tumbuh 140 ribu pekerja. Bila hasil aktual dirilis lebih besar dari estimasi 140 ribu, indeks dollar bisa menguat. Dan sebaliknya, bila aktual dirilis lebih kecil dari estimasi, indeks dollar bisa melemah.

Mengingat pengaruh yang besar dari data NFP ini, harga emas, harga minyak mentah dan nilai tukar yang dipasangkan dengan dollar AS bisa bergerak volatil mengikuti rilisan hasil. Dan ini bisa menjadi peluang trading.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search