Inflasi China Stagnan di Oktober Lalu

Inflasi China Stagnan di Oktober Lalu

Jum'at, 09 November 2018 11:27:23 WIB

Inflasi konsumen China tetap pada tingkat tertinggi kedua sepanjang tahun ini, didukung oleh percepatan harga non-pangan, data resmi menunjukkan Jumat.

Indeks harga konsumen naik 2,5persen pada Oktober dari tahun sebelumnya, tidak berubah dari pertumbuhan pada September, Biro Statistik Nasional mengatakan.

Harga makanan naik 3,3persen dari tahun sebelumnya setelah naik 3,6 persen pada bulan September. Harga sayuran segar naik 10,1persen pada bulan Oktober, melambat dari kenaikan 14,6persen bulan September dan mendorong indeks headline 0,25 persentase poin lebih tinggi. Harga buah naik 11,5persen dari tahun sebelumnya, mempercepat dari kenaikan 10,2persen sebulan sebelumnya dan menaikkan headline CPI sebesar 0,18 poin persentase, kata biro statistik. Harga daging babi turun 1,3 persen pada Oktober setelah menurun 2,4 persen secara tahunan di bulan September.

Harga non-pangan meningkat 2,4persen dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan peningkatan 2,2persen tahun-ke tahun di bulan September. Harga bensin dan solar melonjak 22,5persen dan 25,0persen pada tahun, masing-masing, memimpin kenaikan harga non-pangan, kata biro itu.

Pembacaan inflasi kunci lebih tinggi dari perkiraan median 2,4 persen oleh para ekonom yang disurvei sebelumnya oleh The Wall Street Journal. Pemerintah bertujuan untuk menjaga inflasi di bawah sekitar 3 persen tahun ini.

Dibandingkan September, CPI naik 0,2 persen pada Oktober. Pada bulan September, indeks naik tipis 0,7 persen dari bulan sebelumnya.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search