Inggris-UE Tetap Jalankan Pasar Tunggal, GBPUSD Menguat 100 Pip

Inggris-UE Tetap Jalankan Pasar Tunggal, GBPUSD Menguat 100 Pip

Kamis, 22 November 2018 17:33:46 WIB

GBPUSD menguat tajam hingga lebih dari 100 pip dalam satu jam terakhir setelah adanya laporan bahwa Inggris dan Uni Eropa akan berkomitmen untuk membangun "single customs territory". Laporan dari Bloomberg tersebut mengindikasikan bahwa ada potensi Inggris tidak akan berpisah dari pasar tunggal Uni Eropa.

Atau dalam artian, tidak akan berlaku cukai antara Inggris dan pasar tunggal Uni Eropa. Bloomberg juga melaporkan bahwa Uni Eropa akan mengakui kebijakan perdagangan independen Inggris meski Inggris harus keluar dari keanggotaan Uni Eropa pada Maret 2019 mendatang.

Laporan tersebut telah memberikan sentimen positif bagi pound sterling. Sejak awal pekan para pelaku pasar memang dihadapkan dengan kondisi yang belum jelas terkait persetujuan Brexit. Pasalnya, setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May sudah memegang draft kesepakatan dengan Uni Eropa, ada penghalang karena jajaran May bisa jadi tidak setuju dengan apa yang sudah didapatkan oleh May.

Salah satu hal yang dikhawatirkan sejak lama memang tentang hard Brexit atau dalam artian adanya kebijakan cukai yang bisa saja diberlakukan oleh Inggris dan Uni Eropa. Ancamannya, Inggris bisa saja kehilangan pasar terbesar. Namun laporan ini berpotensi mengurangi probabilitas akan terjadinya hard Brexit.

Hingga pukul 17.30 WIB GBPUSD diperdagangkan di level 1.2916 dan berpotensi akan lanjutkan penguatannya.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search