Jadi Mata Uang Safe Haven, Dollar Sentuh Level Tertinggi 13 Bulan

Jadi Mata Uang Safe Haven, Dollar Sentuh Level Tertinggi 13 Bulan

Rabu, 15 Agustus 2018 15:37:53 WIB

Dollar AS mencapai level tertinggi 13 bulan terhadap sekeranjang mata uang utama pada hari Rabu karena permintaan safe-haven yang berakar pada kekhawatiran atas kejatuhan dari penurunan terbaru lira Turki mendorong investor memborong mata uang AS.

Kekuatan greenback didukung oleh penurunan euro karena pasar khawatir perekomian zona euro bisa terimbas krisis lira disebabkan besarnya eksposur bank-bank Eropa ke Turki. Sejumlah bank besar Eropa memiliki saham mayoritas di bank-bank lokal Turki dan menyumbang lebih dari 10% pendapatan konsolidasi grup.

Merespon gejolak ekonomi Turki dan penularan ke pasar negara-negara berkembang lainnya, dollar membangun dirinya sebagai mata uang safe-haven. Dollar yang lebih tinggi sejak awal tahun menghasilkan mata uang safe-haven di luar yen, sehingga menarik sebagian besar arus modal investor global.

Beberapa saat lalu, indeks dollar AS, yang melacak kekuatan dollar terhadap enam mata uang lainnya, naik 0,16 persen ke 96,86, level tertinggi sejak 27 Juni 2017 aatu 13 bulan lalu.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search