Jelang NFP, Pergerakan Yield Obligasi AS Jadi Petunjuk

Jelang NFP, Pergerakan Yield Obligasi AS Jadi Petunjuk

Jum'at, 05 Juli 2019 11:04:12 WIB
Jelang rilis data Non-Farm Payrolls (NFP) Amerika Serikat (AS), pergerakan tingkat imbal hasil (yield) obligasi AS tenor 10 tahun terlihat menurun dan bahkan menembus level terendah 2017. Saat ini posisi yield sudah di bawah 2% yaitu di kisaran 1,94%.

Penurunan tingkat imbal hasil ini mengindikasikan adanya potensi pemangkasan suku bunga acuan AS ke depannya. Pada pertemuan di akhir Juli ini, Bank Sentral AS diprediksi akan memangkas suku bunganya sebesar 25 basis poin menjadi 2.00-2,25%.

Ekspektasi pemangkasan ini telah memberikan tekanan ke mata uang dollar AS. Pekan ini, sejak hari Selasa (2/7), indeks dollar AS belum bisa lagi menembus level tinggi yang dibuat di hari Senin (1/7) di 96.87. Saat ini, indeks dollar AS berada di kisaran 96.75.

Hasil NFP dan komponen data tenaga kerja AS lainnya seperti data pertumbuhan Pendapatan Rata-Rata Harian (Average Hourly Earnings) dan tingkat penganguran, akan menentukan pergerakan dollar AS selanjutnya. Bank Sentral AS menggunakan data tenaga kerja sebagai patokan untuk mengambil keputusan moneter, di samping data inflasi.

Data NFP dan data tenaga kerja AS lainnya akan dirilis jam 19.30 WIB. XAUUSD sekarang di posisi $1418.25, sementara EURUSD di 1.1281.

(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search