Ketidakpastian Brexit Makin Berlarut, GBPUSD Melemah ke 1.3168

Ketidakpastian Brexit Makin Berlarut, GBPUSD Melemah ke 1.3168

Kamis, 21 Maret 2019 17:18:06 WIB

GBPUSD berada dalam tren penurunan setelah ketidakpastian Brexit menebal di pasar. Hal ini terjadi usai pernyataan terbaru dari rekan koalisi Partai Konservatif di pemerintah yang tetap keukeh menolak draf kesepakatan Brexit yang dibawa PM Theresa May sehingga menegaskan peluang No Deal Brexit membesar.

Sammy Wilson dari Partai Serikat Buruh Demokrat (DUP), partai rekan koalisi partai pimpinan May, mengatakan bahwa dia tidak menginginkan kesepakatan Brexit May dan Uni Eropa, yang dia gambarkan sebagai "racun." Dia menambahkan bahwa dia juga menolak perpanjangan untuk Pasal 50. Partai Konservatif PM Inggris Theresa May bergantung pada DUP untuk mayoritas di Parlemen (House of Commons). Di sisi lain deadline Brexit makin dekat yaitu 29 Maret dengan keinginan mayoritas parlemen Inggris menginginkan penundaan.

Sementara Kanselir Jerman Angela Merkel menawarkan KTT UE lain untuk membahas kepergian Inggris jika PM May masih belum mendapatkan persetujuan di House of Commons. Pertemuan para pemimpin Uni Eropa seperti itu kemungkinan akan berlangsung pekan depan, setelah pertemuan hari ini di Brussels.

Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk, mengatakan bahwa Uni Eropa hanya akan mendukung perpanjangan pendek dari batas waktu Brexit 29 Maret jika kesepakatan yang telah mereka buat dengan Perdana Menteri Theresa May disetujui parlemen Inggris saat voting minggu depan, dimana banyak orang percaya parlemen akan kembali menolak sehingga peluang no deal lebih besar.

Kemarin pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn keluar dari pertemuan dengan para pemimpin oposisi yang diundang PM May karena Chuka Umunna, yang meninggalkan Partai Buruh untuk membentuk The Independent Group bulan lalu, ikut hadir di pertemuan. Aksi dari pemimpin Partai Buruh telah mendapat banyak kritik dari masyarakat.

Saat penulisan, GBPUSD diperdagangkan di 1.3168, turun 0,19 persen atau 26 pip dari penutupan kemarin.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search