Ketua Komisi Eropa Harapkan Kesepakatan Brexit, GBPUSD Tertopang Naik

Ketua Komisi Eropa Harapkan Kesepakatan Brexit, GBPUSD Tertopang Naik

Jum'at, 20 September 2019 09:52:08 WIB

GBPUSD bergerak menguat hari ini (20/9) dan Kamis kemarin (19/9) naik ke level tertinggi 1.2560 setelah pernyataan Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, bahwa kesepakatan Brexit akan tercapai sebelum jatuh tempo. Pada wawancara terbarunya kemarin, Juncker mengatakan telah bertemu dengan Boris Johnson dan telah menerima dokumen dari PM Inggris tersebut yang menggaris-bawahi ide-ide kesepakatan Brexit yang baru.

Sebelumnya banyak pejabat Zona Euro yang menyayangkan lambatnya kinerja pemerintahan Inggris untuk mengajukan kesepakatan baru setelah Perdana Menteri baru-nya, Boris Johnson, ditunjuk. Johnson yang dikenal sebagai salah satu ujung tombak pendukung gerakan Brexit saat referendum 2016 lalu, telah berjanji untuk melaksanakan Brexit walaupun tanpa perjanjian dengan Zona Euro di tanggal 31 Oktober 2019, menolak memohon penundaan lagi. Hal yang ditentang oleh mayoritas parlemen Inggris, dan mengupayakan legalitas penolakan No-Deal Brexit.

Juncker juga menambahkan bahwa Uni Eropa telah bersiap untuk hal terburuk terjadinya no-deal Brexit, dan memastikan bahwa Brexit akhirnya akan dilaksanakan baik dengan ataupun tanpa kesepakatan. Juncker memandang kemungkinan terjadinya kekacauan bagi Zona Euro dan Inggris setidaknya selama 1 tahun bila tidak ada kesepakatan saat pelaksanaan Brexit.

GBPUSD telah naik ke level 1.2552 kembali di awal perdagangan hari Jumat 20 September 2019 ini, dari pembukaan 1.2521. Potensi penguatan masih berlanjut menguji level 1.2585 - 1.2600 bila sentimen positif pasar masih berlanjut.


(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search