Kinerja Yen Kian Impresif Berkat ‘Hindar Resiko’

Kinerja Yen Kian Impresif Berkat ‘Hindar Resiko’

Jum'at, 28 Februari 2014 13:30:33 WIB

Monexnews - Nilai tukar yen terus menunjukkan performa yang apik di akhir pekan ini seiring meningkatnya permintaan terhadap aset save haven menyusul eskalasi ketegangan politik di negara Ukraina serta merebaknya lagi kecemasan perlambatan ekonomi di China.

Mata uang save haven yen kian menguat setelah muncul laporan yang menyebutkan ada sejumlah orang bersenjata telah menduduki bandar udara di wilayah Crimea Ukraina. Sehingga kabar itu sontak memicu investor melepas posisi mereka di sejumlah aset beresiko untuk beralih ke aset safe haven termasuk yen. Sementara di Asia, minat pelaku pasar kian bertambah ke mata uang yen seiring merebaknya isu perlambatan ekonomi China menyusul rilis sejumlah data ekonomi belakangan ini yang mengecewakan. Dan sentimen pasar akan kembali diuji lantaran di akhir pekan (Sabtu, 1/03), pemerintah China akan merilis data aktivitas manufaktur PMI yang diprediksi akan kembali menurun. Kinerja yen kian impresif setelah data ekonomi

Jepang yang apik (rilis Jumat pagi) juga ikut menopang penguatan mata uang negeri sakura. Angka industrial output tercatat melonjak tajam hingga 4% di Januari dari bulan sebelumnya di level 0.9%. Sedangkan data retail sales juga melejit hinga 4.4% untuk Januari dari bulan sebelumnya pada 2.6%. Hingga sesi siang, kurs yen ditransaksikan menguat hingga 101.53 terhadap dollar AS (USD) dan stabil kembali di area 101.73. Sementara Kamis kemarin USDJPY ditutup pada level 102.12, dan menguat tajam hingga 101.70. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search