Konflik Dagang AS-China Malah Semakin Menguatkan Dollar

Konflik Dagang AS-China Malah Semakin Menguatkan Dollar

Selasa, 04 September 2018 16:38:36 WIB

Dollar hari ini kembali mendapatkan momentum penguatan seiring dengan semakin dekatnya tenggat waktu pemberlakuan tarif impor baru untuk barang-barang China senilai $200 milyar. Tarif impor baru itu dijadwalkan akan diberlakukan pada Kamis mendatang, 6 September 2018.

Pasca outlook pengetatan moneter yang dilakukan oleh The Fed yang menguatkan dollar, kondisi memanasnya perang dagang ini malah semakin menguatkan dollar hingga sesi perdagangan hari ini. Khususnya bagi negara-negara emerging market yang tampaknya semakin terpuruk di tengah kondisi memanasnya eskalasi perang dagang AS-China.

Eskalasi perang dagang ini sudah mulai memanas sejak pertengahan April lalu dan telah menopang penguatan dollar. Terhitung penguatan indeks dollar mencapai 7% hingga hari ini dan sudah menembus level tertinggi sejak Januari 2017. Suhu pasar semakin memanas setelah adanya laporan bahwa pertumbuhan ekonomi China juga mulai melambat di tengah pemberlakuan tarif impor AS sebelumnya untuk barang senilai $50 milyar.

Pasar semakin khawatir ketika Presiden Trump secara terang-terangan seakan mengibarkan bendera perang dagang terhadap mitra dagang terbesarnya. Seperti Uni Eropa dan yang terbaru adalah dengan Kanada terkait alotnya perjanjian NAFTA. Kondisi ini membuka peluang penguatan dollar lebih lanjut menanti kenaikan suku bunga The Fed yang akan dilaksanakan 26 September 2018 mendatang.

Hingga pukul 16.35 WIB indeks dollar menguat tajam ke 95.45 setelah sempat bergerak sideways pada hari perdagangan sebelumnya.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search