Krisis Turki Berlarut, EURUSD ke Level Terendah 13 Bulan

Krisis Turki Berlarut, EURUSD ke Level Terendah 13 Bulan

Rabu, 15 Agustus 2018 17:55:13 WIB

EURUSD diperdagangkan melemah seiring kekhawatiran depresiasi lira belum usai pada perdagangan Rabu. Penurunan lira hingga 40 % terhadap dollar AS sejak awal tahun ikut menekan mata uang tunggal Eropa dikarenakan eksposur bank-bank Eropa yang cukup besar ke perekonomian Turki.

Pasangan mata uang ini berada di level terendah sejak 5 Juli 2017 atau 13 bulan lalu di 1.1311 karena saat ini diperdagangkan di 1.1317, melemah 0.22% dari penutupan kemarin.

Kekuatan greenback didukung oleh penurunan euro karena pasar khawatir perekomian zona euro bisa terimbas krisis lira disebabkan besarnya eksposur bank-bank Eropa ke Turki. Sejumlah bank besar Eropa memiliki saham mayoritas di bank-bank lokal Turki dan menyumbang lebih dari 10% pendapatan konsolidasi grup.

Hari ini Turki mengumumkan rencana penerapan tarif impor pada produk-produk asal AS antara lain mobil, minuman dan tambakau, dengan kisaran 60% hingga 140%.

Kebijakan ini menambah sengit hubungan Turki dengan AS di luar masalah politik karena desakan AS pada Turki untuk membebaskan pendeta yang ditahan dengan tuduhan membantu usaha makar kaum oposisi. Sebelumnya Jumat lalu Presiden Trump mengenakan tarif pada logam asal Turki.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search