Libur Nasional AS Tak Pengaruhi Kinerja Dollar

Libur Nasional AS Tak Pengaruhi Kinerja Dollar

Jum'at, 05 Juli 2013 05:41:03 WIB

Monexnews - Kinerja dollar pada hari Kamis tetap apik meski tidak ada data ekonomi dari AS karena libur nasional memperingati hari kemerdekaan AS. Indeks dollar terhadap mata uang utama berbalik menguat setelah mengalami penurunan pada hari Rabu. Indeks dollar kemarin menguat 0.73% menjadi 83.755.

Apiknya kinerja dollar tidak lepas dari anjloknya

euro dan sterling setelah bank sentral masing-masing mengumumkan tingkat suku bunga acuan. Meski tidak berubah sesuai dengan yang diperkirakan, namun pernyataan dari ECB dan BoE mengecewakan untuk euro dan sterling.

Presiden ECB, Mario Draghi, mengungkapkan tentang adanya resiko penurunan outlook pertumbuhan zona Euro dan pemangkasan suku bunga lebih lanjut. Pernyataan tersebut membuat euro anjlok ke level terendah sejak 29 Mei. Euro kemarin anjlok 0 .7% menjadi 1.2915, EURUSD saat ini diperdagangkan pada kisaran 1.2909. Sementara itu BoE juga mempertahankan tingkat suku bunga 0.50%, namun BoE menambahkan akan mempertahankan tingkat suku bunga rendah dalam waktu yang lama. Gubernur BoE yang baru, Mark Carney, mengatakan pemulihan perekonomian berada pada jalur yang tepat, namun tetap lemah secara standar historis dan diprediksi masih akan berlangsung selama beberapa bulan kedepan. Setelah pernyataan tersebut sterling merosot tajam, yang belum pernah terjadi sejak 11 September 2011. Sterling kemarin merosot 1.4% menjadi 1.5070, saat ini GBPUSD diperdagangkan pada kisaran 1.5063. Selain itu dollar juga menguat terhadap

yen kemarin, dengan diperdagangkan diatas level 100 yen per dollar. Saat ini USDJPY diperdagangkan pada kisaran 100.25

Disisi lain

aussie kemarin berbalik menguat terhadap dollar setelah pada hari Rabu menyentuh level terendah yang terakhir terjadi pada September 2010. Aussie menguat 0.2% menjadi 0.9110 setelah adanya spekulasi bahwa penurunan aussie terlalu cepat. Faktor lain yang menguatkan aussie adalah pernyataan Deputi Gubernur RBA Philip Lowe, yang mengatakan bahwa pasar telah salah mengartikan komentar Gubernur Glen Stevens pada hari sebelumnya. AUDUSD saat ini diperdagangkan pada kisaran 0.9140 (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search