Manfaatkan Pelemahan Dollar, Penguatan Pound Masih Dibayangi Persoalan Brexit

Manfaatkan Pelemahan Dollar, Penguatan Pound Masih Dibayangi Persoalan Brexit

Selasa, 18 Desember 2018 20:53:54 WIB

Memanfaatkan sentimen pelemahan dollar, GBPUSD hari ini menguat hingga membentuk level tertinggi harian di level 1.2705. Meski begitu para analis melihat bahwa potensi pelemahan poundsterling masih akan membayangi pergerakan pasar. Pasalnya persoalan Brexit yang masih berlarut-larut menjelang "D-day" pada 29 Maret 2019 mendatang masih belum jelas bagaimana outlook dan penyelesaiannya.

Bloomberg British Pound Index mencatat bahwa poundsterling sudah membukukan pelemahan selama tiga bulan selama negosiasi Brexit yang dilakukan selama total 18 bulan ini. Sentimen negatif ini kembali menekan pound setelah Perdana Menteri Inggris Theresa May membatalkan voting dengan jajaran Parlemen Inggris yang seharusnya dilakukan pada 11 Desember 2018 lalu. Voting ini akan ditunda hingga Januari 2019 mendatang.

Pembatalan ini dilakukan karena saat itu parlemen diperkirakan akan menolak proposal Brexit yang sudah dipegang oleh May dan sudah disepakati oleh para perwakilan negara Uni Eropa. Kabarnya, pembatalan ini juga dilakukan karena May akan kembali ke Brussels untuk membahas kembali terkait Brexit. Meski begitu, Uni Eropa mengatakan bahwa negosiasi terkait Brexit sudah final dan tidak perlu ada pembicaraan lagi.

Hari ini, di perdagangan sesi AS, pukul 20.50 WIB GBPUSD diperdagangkan di level 1.2685, menguat sekitar 68 pip dari level penutupan perdagangan kemarin. Untuk selanjutnya hasil kebijakan moneter The Fed akan menjadi penggerak. Dari Inggris, besok (19/12) Inggris akan merilis pertumbuhan inflasi (yoy) yang diekspektasikan tumbuh 2,3%.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search