Mario Draghi: Pertumbuhan Ekonomi Zona Euro Melambat Melebihi Ekspektasi

Mario Draghi: Pertumbuhan Ekonomi Zona Euro Melambat Melebihi Ekspektasi

Senin, 23 September 2019 23:52:16 WIB
Kepala Bank Sentral Eropa (atau European Central Bank - ECB), Mario Draghi, mengatakan di hadapan Komite Ekonomi dan Moneter Parlemen Eropa, Senin Malam (23/9), bahwa ekonomi Zona Euro sudah mengalami pelambatan melebihi ekspektasi semula.

Pelambatan pertumbuhan ini bisa dibuktikan dengan data-data ekonomi Zona Euro belakangan ini. Dan terakhir data survei manufaktur Zona Euro bulan September yang di bawah ekspektasi dan masih di area kontraksi, 45,6.

Draghi mengatakan bahwa pelambatan terjadi terutama karena melambatnya perdagangan internasional akibat ketidakpastian yang diakibatkan oleh proteksionisme perdagangan dan faktor geopolitik. Pelambatan di sektor manufaktur masih akan terus terjadi. Dan bila dibiarkan melambat terlalu lama, sektor lain akan melambat juga.

TIngkat inflasi juga masih rendah. Oleh karena itu kebijakan moneter yang sangat akomodatif akan diperlukan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Pernyataan Mario Draghi ini bisa disimpulkan sangat dovish. Pesimisme yang diungkapkan mengenai perekonomian zona euro bisa mendorong pelemahan nilai tukar euro.

Saat penulisan, EURUSD berada di kisaran 1.0986 setelah sempat rebound ke kisaran 1.0999. Hingga hari ini, EURUSD sudah bergerak di kisaran 1.0966 - 1.1025.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search