Masih Dibayangi Kekhawatiran Hard Brexit, GBPUSD Anjlok ke 1.3072

Masih Dibayangi Kekhawatiran Hard Brexit, GBPUSD Anjlok ke 1.3072

Rabu, 18 Desember 2019 09:48:29 WIB
GBPUSD anjlok ke level 1.3072 pada sesi perdagangan Asia hari Rabu (18/12) karena sentimen meningkatnya ketakutan akan potensi hard Brexit setelah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengkonfirmasi ke parlemen bahwa pemerintah merencanakan undang-undang untuk memastikan bahwa periode transisi pasca Brexit Inggris akan berakhir di Desember 2020.

Analis pasar di salah satu situs berita internasional mengatakan bahwa ketidakpastian transisi ini akan selalu menjadi risiko yang akan dihadapi oleh poundsterling, namun telah bergerak lebih cepat dari yang diperkirakan. Perginya Inggris dengan tanpa kesepakatan dagang sama dengan hard Brexit, akibatnya, premi soft Brexit saat ini sudah diantisipasi dan memicu penurunan pada mata uang poundsterling.

Dia juga mengatakan bahwa ketika Inggris meninggalkan Uni Eropa pada tanggal 31 Januari, negosiasi yang sulit dan kompleks tentang hubungan di masa depan akan dimulai. Inggris masih akan berada di pasar tunggal (zona Euro) hingga tanggal 31 Desember 2020 dengan perpanjangan pengaturan ijin hingga dua tahun kedepan jika diperlukan oleh kedua belah pihak dan disepakati sebelum tanggal 1 Juli. Namun, saat ini pemerintah Inggris mengatakan bahwa mereka akan membuat undang-undang untuk mencegah perpanjangan waktu tersebut.

Pergerakan poundsterling saat ini juga terbebani oleh komentar Gubernur Bank of England Mark Carney semalam. Carney mengatakan bahwa tantangan untuk kebijakan moneter global adalah untuk memberikan stimulus yang cukup di saat adanya kekuatan yang kuat menekan suku bunga ke level ekuilibrium.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search