Mata Uang Non Dollar Melejit Seiring Data Ekonomi Yang Positif

Mata Uang Non Dollar Melejit Seiring Data Ekonomi Yang Positif

Selasa, 05 Maret 2013 18:37:36 WIB

Monexnews -

Laporan PMI services Inggris, consumer spending Australia yang positif serta berbagai data ekonomi lain yang cukup bullish berhasil memicu reli berbagai mata uang berisiko yang ditandai penguatan Poundsterling dan Aussie dari level terendah nya di awal pekan ini disertai dengan penguatan instrumen berisiko lainnya seperti saham Eropa terkait sentimen risk appetite para investor.

Poundsterling berhasil tembus diatas level 1.5150 tidak lama setelah dilaporkan Services PMI Inggris yang naik ke 51.8 dibanding estimasi 51.0. Indeks tersebut naik ke level tertinggi dalam 5 bulan terakhir akibat pasar tenaga kerja dan keyakinan konsumen mencatatkan level terbaiknya dalam 9 bulan terakhir.

Sektor jasa Inggris juga cukup kontras dengan laporan manufaktur dan konstruksi Inggris di bulan lalu yang menunjukkan kontraksi pada kedua sektor tersebut. Bagaimanapun berkat data sektor jasa yang positif, para investor menjadi lebih optimis bahwa pertumbuhan GDP Q1 tidak akan mengalami kontraksi untuk dua triwulan berturut-turut.

Selanjutnya Poundsterling perlu menembusa diatas level 1.5200 untuk memicu momentum bullish lebih lanjut mengincar area resisten kunci di 1.5300.

Secara terpisah di Australia, laporan Retail Sales naik menjadi 0.9% dibanding ekspektasi 0.4% berhasil menyediakan kelegaan paska pengumuman kebijakan RBA. Kenaikan penjualan ritel untuk kali pertama dalam 3 bulan terakhir ini mengindikasikan bahwa permintaan konsumen mulai stabil setelah beberapa bulan mengalami kontraksi.

Sementara itu RBA menunjukkan adanya pandangan ekonomi yang lebih positif dibanding pernyataan sebelumnya. Alhasil, Aussie melejit diatas level 1.0200 dan berpotensi melanjutkan penguatan hingga ke kisaran 1.0300 untuk minggu-minggu ini.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search