Menanti Kesepakatan Brexit Disetujui Eropa, GBPUSD Tertekan Ke Bawah 1.2320

Menanti Kesepakatan Brexit Disetujui Eropa, GBPUSD Tertekan Ke Bawah 1.2320

Senin, 07 Oktober 2019 14:46:44 WIB
GBPUSD tertekan di bawah 1.2320 hari Senin siang (7/10) menunggu kepastian kesepakatan BREXIT. Harga kini berada di kisaran 1.2308 setelah sempat turun ke 1.2292.

Brexit tinggal menghitung hari. Tanggal 31 Oktober adalah jadwal Inggris keluar dari Uni Eropa, tapi tidak semudah itu. Sebagian besar anggota parlemen Inggris mengatakan bahwa Inggris memerlukan kesepakatan pasca BREXIT dengan Uni Eropa.

Kesepakatan BREXIT yaitu perjanjian antara Inggris dengan Uni Eropa untuk memperlancar segala perubahan hukum dan administrasi serta hubungan dagang ke depan antara Inggris dan Uni Eropa sehingga ekonomi Inggris diharapkan tidak terkena dampak yang terlalu buruk. Dengan adanya kesepakatan ini Inggris masih menjadi anggota Uni Eropa hingga masa transisi berakhir (sekitar 20 bulan) dan Inggris juga masih diwajibkan untuk membayar 39 miliar poundsterling ke anggaran Uni Eropa seperti saat menjadi anggota UE.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, telah mengirimkan proposal untuk terakhir kalinya untuk dibahas di KTT Uni Eropa pada tanggal 17-18 Oktober 2019 yang hasilnya akan diketahui tanggal 19 Oktober.

Namun belum juga dibahas, proposal ini mendapatkan pertentangan dari Presiden Parlemen Eropa dan meminta Inggris untuk merevisinya. Yang menjadi masalah pertentangan adalah perbatasan antara Republik Irlandia dengan Irlandia Utara yang menjadi bagian dari Inggris.

Bila tanggal 19 Oktober proposal Johnson diterima oleh Uni Eropa, ini akan menjadi sentimen positif untuk poundsterling, karena Inggris akan keluar dari Uni Eropa dengan kesepakatan.

Bila tidak, ini akan memberikan tekanan penurunan lagi untuk poundsterling. Pasar akan melihat apakah PM Boris Johnson akan tetap dengan pendiriannya yaitu keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan tepat tanggal 31 Oktober atau akan melayangkan permohonan untuk penundaan BREXIT.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search