Menebak Pergerakan Euro di Pekan Krusial

Menebak Pergerakan Euro di Pekan Krusial

Sabtu, 28 November 2015 06:45:42 WIB

Monexnews - Euro akan menghadapi pekan krusial minggu depan, dimana European Central Bank (ECB) akan mengadakan rapat kebijakan moneter. Apakah pelemahan euro akan berlanjut atau malah berbalik menguat sangat tergantung dari hasil rapat moneter tersebut.

ECB diperkirakan akan menurunkan suku bunga deposito menjadi -0,3% dari saat ini -0,2%, serta menambah dan/atau memperpanjang program pembelian aset atau yang dikenal dengan quantitatve easing (QE). Spekulasi penambahan stimulus tersebut telah membawa euro mendekati level terendah tujuh bulan terhadap

dollar, dan mencatat pelemahan dua pekan beruntun.

Jika spekulasi tersebut akhirnya terealisasi, ditambah dengan kemungkinan kenaikan suku bunga di AS dua pekan berikutnya, maka kemungkinan besar euro akan melanjutkan pelemahan.

Namun mengingat penurunan tajam dalam dua bulan terakhir, bukan tidak mungkin euro akan berbalik menguat jika ECB hanya menurunkan suku bunga deposito dan tidak menambah QE, atau hanya menambah QE tanpa menurunkan suku bunga, atau malah mempertahankan kebijakan saat ini.

ECB akan mengumumkan kebijakan pada Kamis 3 Desember, namun sebelumnya data inflasi November zona euro pada hari Rabu dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai keputusan yang akan diambil ECB. Setelah mengalami deflasi di bulan September, blok 19 negara tersebut kembali mengalami inflasi meski hanya 0,1% di bulan Oktober. Jika inflasi kembali menunjukkan kenaikan, ECB kemungkinan belum akan mengelontorkan stimulus secara agresif, begitu juga sebaliknya.

EURUSD pada perdagangan Jumat ditutup di level 1.0592, dengan level tertinggi harian 1.0638 dan terendah 1.0568 (

platform Monex Trader). (pap/Monex)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search