Menguatnya Permintaan Aset Safe Haven Menjaga Penguatan Dollar di Sesi Asia

Menguatnya Permintaan Aset Safe Haven Menjaga Penguatan Dollar di Sesi Asia

Jum'at, 08 Februari 2019 13:49:00 WIB

Dollar AS bergerak stabil di dekat level tinggi 2 pekan pada hari Jumat, karena naiknya permintaan terhadap aset safe haven seiring ketidakpastian terhadap negosiasi dagang AS-China dan ketakutan yang meluas terhadap perlambatan pertumbuhan global.

Beberapa kekhawatiran telah muncul pada hari Kamis setelah Komisi Eropa mengurangi perkiraan mereka untuk pertumbuhan ekonomi zona Euro pada tahun ini dan selanjutnya pada ekspektasi blok negara terbesar akan tertahan oleh ketegangan perdagangan global dan tantangan domestik.

Kegugup investor terhadap ekonomi global juga ditambah oleh komentar dari Presiden AS Donald Trump, yang mengatakan bahwa dia tidak berencana untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping sebelum batas waktu 1 Maret untuk mencapai kesepakatan perdagangan.

Sim Moh Siong, analis mata uang di Bank of Singapore mengatakan bahwa dollar telah mendapatkan dukungan dari ketakutan pertumbuhan global dan faktor eksternal. Pasar saat ini menunggu untuk melihat apakah langkah kebijakan dapat menstabilkan pertumbuhan di seluruh dunia, sampai kemudian, sulit untuj melihat dollar melemah.

Indeks dollar, yang mengukur nilai greenback terhadap enam mata uang utama naik sekitar 0,1% di kisaran 96.59, dekat level tertinggi hampir dua pekan.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search