Nantikan RBA, Aussie Melemah

Nantikan RBA, Aussie Melemah

Senin, 30 Juni 2014 19:47:29 WIB

Monexnews - Aussie memlemah untuk pertama kalinya terhadap dollar dalam empat hari terkahir jelang pengumuman kebijakan moneter dari Reserve Bank of Australia besok. Namun aussie saat ini menuju penguatan dalam lima bulan beruntun, menjadi penguatan bulanan terpanjang dalam empat tahun terakhir.

Pada pekan lalu, aussie berhasil mencatat penguatan mingguan akibat buruknya data produk domestik bruto AS di kuartal I. Departemen Perdagangan AS pada hari Rabu kemarin merilis data final produk domestik bruto untuk kuartal I berkontraksi sebesar -2,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, merosot tajam dari rilis kedua sebesar -1,0%, dan jauh dibawah estimasi ekonom sebesar -1,8%. PDB AS di kuartal I tersebut merupakan yang terburuk sejak kuartal I 2009. Data lain menunjukkan pesanan core durable goods turun -0,1% di bulan Mei, dari bulan sebelumnya, mematahkan ekspetasi kenaikan sebesar 0,3%. Sementara persentase pesanan di bulan April direvisi naik menjadi 0,3% dari rilis sebelumnya sebesar 0,1%. Sementara aussie mendapat sentimen positif setelah data estimasi awal aktivitas manufaktur China (versi HSBC) bulan Juni yang merupakan mitra dagang utama Australia, berekspansi untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir. Selain kebijakan moneter dari

RBA besok, sebelumnya China juga akan merilis data manufaktur versi pemerintah, serta data final dari HSBC yang dapat menjadi penggerak signifikan aussie. AUDUSD saat ini diperdagangkan pada kisaran 0.9389 atau melemah 0,40%, dengan level tertinggi harian 0.9430. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search