Pangkas Pelemahan, Dollar Belum Banyak Bergerak

Pangkas Pelemahan, Dollar Belum Banyak Bergerak

Kamis, 06 September 2018 17:39:34 WIB

Sempat melemah di perdagangan sesi Asia, hingga menjelang perdagangan sesi AS dollar cenderung bergerak stabil meski sempat bergerak dalam volatilitas cukup tinggi. Pelemahan dollar sempat terjadi karena pergerakan poundsterling yang menguat tajam sehingga menjadi sentimen pelemahan dollar dan sentimen penguatan mata uang utama lainnya.

Terkait dengan perkembangan perang dagang antara China-AS, nampaknya hari ini sentimen tersebut mulai mereda melihat dollar yang tidak banyak bergerak pada hari ini. Selama hampir sepekan ini sentimen penguatan dollar karena investor memandang bahwa dollar menjadi safe haven seiring dengan outlook kenaikan suku bunga The Fed.

Dollar sempat berbalik melemah dengan cepat setelah adanya kabar dari Jerman yang akan menarik tuntutan kepada Inggris terkait Brexit. Hal tersebut menjadi sentimen di tengah investor bahwa secara tidak langsung Jerman akan membantu Inggris mengenai negosiasi Brexit. Padahal selama ini outlook yang mendominasi pergerakan pasar adalah akan terjadinya hard Brexit bahkan "no-deal" Brexit.

Poundsterling yang menguat tajam telah mendominasi pergerakan pasar saat sesi perdagangan sebelumnya sehingga membawa mata uang utama lainnya turut menguat terhadap dollar.

Selanjutnya, investor akan fokus pada rilis data NFP versi ADP pukul 19.15 WIB nanti yang berpotensi kembali meningkatkan volatilitas tinggi pasar terutama untuk menguji ketahanan kekuatan dollar. Data NFP nanti malam diekspektasikan lebih buruk dibandingkan sebelumnya. Jika dirilis sesuai ekspektasi atau bahkan lebih buruk, maka dollar berpotensi mendapatkan sentimen pelemahan lanjutan.

Menjelang pembukaan perdagangan sesi AS, pukul 17.35 WIB, indeks dollar bergerak di level 95.11 dan sempat melemah ke level rendah 94.94.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search