Pangkas Proyeksi Inflasi dan PDB, EURUSD Melemah

Pangkas Proyeksi Inflasi dan PDB, EURUSD Melemah

Kamis, 13 Desember 2018 21:59:55 WIB

EURUSD melemah cukup tajam ke level 1.1330 merespon pernyataan Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi terkait proyeksi perekonomian zona euro di tahun 2019. Draghi mengatakan bahwa ECB sepakat untuk memangkas proyeksi pertumbuhan inflasi dan pertumbuhan produksi domestik bruto (PDB) zona euro.

Untuk pertumbuhan inflasi di tahun 2019 diproyeksikan menjadi 1,6% lebih rendah dibanding proyeksi sebelumnya 1,7%. Sedangkan untuk proyeksi angka PDB di tahun 2019 diproyeksikan menjadi 1,7% lebih rendah dibandingkan proyeksi sebelumnya 1,8%.

Tidak hanya itu, nada dovish juga disampaikan oleh Draghi terkait kebijakan moneter ECB. Melihat proyeksi pertumbuhan inflasi yang melemah, itu berarti ada kemungkinan program stimulus bisa kembali dikerjakan. Padahal, program stimulus ECB sudah akan diakhiri akhir Desember ini.

Hingga pukul 21.57 WIB, EURUSD berada di level 1.1345 setelah sempat membentuk level tertinggi harian di level 1.1392.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search