Pasar Eropa Dibuka, EURUSD Bergerak Melemah

Pasar Eropa Dibuka, EURUSD Bergerak Melemah

Kamis, 24 Januari 2019 14:34:51 WIB

EURUSD bergerak melemah dengan level terendah hari ini di level 1.1372 setelah perdagangan sesi Eropa hari ini dibuka. Pasar menantikan serangkaian rilis data ekonomi dari zona euro. Dari Perancis dan Jerman, akan rilis data indeks aktivitas manufaktur dan indeks sektor jasa. Setelah itu akan rilis dua data indeks aktivitas ekonomi secara keseluruhan di zona euro. (Rilis data ekonomi selengkapnya lihat di Economic Calendar)

Fokus utama para pelaku pasar adalah pengumuman kebijakan suku bunga dari European Central Bank (ECB) pukul 19.45 WIB dan akan menyelenggarakan konferensi pers pukul 20.30 WIB. Dua event ini berpotensi memicu volatilitas tinggi pada EURUSD.

Malam nanti, pasar berekspektasi bahwa bank sentral akan bersikap cenderung dovish. Ini karena kondisi fundamental zona euro yang memperlihatkan perlambatan pertumbuhan ekonomi. Terutama setelah International Monetary Fund (IMF) juga memproyeksikan perlambatan ekononomi zona euro akan lebih cepat dari perkiraan.

Perihal tingkat suku bunga, ECB kali ini masih akan menahan suku bunga di angka 0,00%. Jika bank sentral mengkonfimasi bahwa adanya perlambatan ekonomi di zona euro, maka ECB hampir bisa dipastikan belum akan memberikan outlook kenaikan suku bunga pada tahun ini. Hal ini yang berpotensi membuat EURUSD melemah.

Pukul 14.31 WIB EURUSD diperdagangkan di level 1.1373 setelah sempat membentuk level tertinggi hari ini di level 1.1391.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search