Pasar Kembali Tenang, USDJPY Menguat ke 110.09

Pasar Kembali Tenang, USDJPY Menguat ke 110.09

Selasa, 26 Maret 2019 11:41:09 WIB

Dollar AS rebound terhadap yen pada hari Selasa karena imbal hasil US Treasury kembali naik dari posisi terendah 15-bulan karena sedikit ketenangan kembali ke pasar keuangan yang dicekam oleh kekhawatiran penurunan yang lebih tajam dalam ekonomi global.

Dolar sempat naik 0,15 persen menjadi 110,13 yen dan membuat jarak dengan level terendah enam minggu di 109,70 yang tersentuh pada hari sebelumnya, ketika kekhawatiran perlambatan ekonomi global menekan imbal hasil US Treasury dan mendorong permintaan investor untuk yen, aset safe haven.

Saat penulisan, USDJPY diperdagangkan di 110.09, naik 0,12 persen atau 14 pip dari penutupan kemarin.

"Dollar telah melacak imbal hasil US Treasury. Tapi tren mungkin telah berjalan dengan sendirinya, dengan sedikit penurunan lebih lanjut tampaknya tersisa untuk imbal hasil," kata Masafumi Yamamoto, kepala strategi valas di Mizuho Securities di Tokyo.

Sebelumnya, imbal hasil US Treasury mengalami inversi, saat imbal hasil US Treasuty tenor 3 bulan ternyata lebih tinggi daripada imbal hasil obligasi acuan yang memiliki tenor lebih panjang, yaitu tenor 10 tahun sehingga merusak bentuk kurva yield yang seharusnya melengkung ke atas kanan.

Pasar panik karena gambaran kurva demikian mengindikasikan akan adanya resesi ekonomi di AS. Sebelumnya Federal Reserve menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dalam pertemuan pekan lalu dan data ekonomi Eropa menunjukkan adanya kontraksi.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search