Pasca Melemah Tajam, EURUSD Bergerak Menguat Tipis Hari Ini

Pasca Melemah Tajam, EURUSD Bergerak Menguat Tipis Hari Ini

Jum'at, 25 Januari 2019 14:44:26 WIB

Aksi short covering membuat EURUSD bergerak menguat ke level 1.1327 sampai perdagangan sesi Eropa hari ini dibuka. Sebelumnya, euro mendapat sentimen negatif dari pernyataan Presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi kemarin perihal kondisi perekonomian zona euro. Dampaknya, belum akan ada outlook kenaikan suku bunga dari ECB jika perekonomian belum pulih.

Draghi mengatakan dan mengkonfirmasi bahwa perlambatan perekonomian di zona euro bisa terjadi lebih cepat dari perkiraan. Bahkan perlambatan kali ini dipandang paling signifikan selama lima tahun terakhir. Bank sentral juga melihat bahwa tiga kejadian besar yang sedang terjadi saat ini memberikan dampak paling besar terhadap perlambatan perekonomian zona euro.

Tiga hal tersebut adalah (1) dampak dari memanasnya hubungan dagang AS-China, (2) belum ada titik terang dari Brexit, dan (3) volatilitas tinggi yang terjadi di pasar keuangan. Dari domestik, zona euro memang terpukul setelah perekonomian di Jerman mengalami perlambatan yang paling signifikan. Apalagi Jerman merupakan negara ekonomi terbesar di zona euro.

Para analis memprediksi bahwa perekonomian zona euro di kuartal pertama tahun 2019 ini akan tumbuh 2 persen. Dan agak terbebani jika proyeksi angka 2,5 persen dapat tercapai di tahun 2019.

Pukul 14.40 WIB EURUSD diperdagangkan di level 1.1321 menguat tipis 16 pip dari level penutup pada perdagangan kemarin. Untuk selanjutnya, data iklim bisnis Jerman dari Ifo pukul 16.00 WIB berpotensi menambah volatilitas pergerakan EURUSD.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search