Pembahasan Irlandia Utara Kembali Menekan GBPUSD ke 1.3097

Pembahasan Irlandia Utara Kembali Menekan GBPUSD ke 1.3097

Rabu, 19 September 2018 18:50:43 WIB

GBPUSD melemah tajam ke level 1.3097 setelah adanya laporan bahwa Perdana Menteri Inggris Theresa May yang akan menolak proposal backstop yang diajukan oleh negosiator Uni Eropa Michel Barnier terkait perbatasan Irlandia Utara.

Dalam hal ini Barnier dipandang memihak Irlandia Utara untuk membuat perbatasan itu memiliki regulasi ekonomi tersendiri dan dengan tidak melakukan kerjasama dengan Inggris. Salah satu solusi yang diberikan oleh Barnier adalah pemeriksaan atau yang terkait dengan bea cukai dari Inggris ke Irlandia Utara hanya perlu diberlakukan untuk satu kategori barang saja.

May lantas menolak pengajuan tersebut pasalnya selama ini May selalu memperjuangkan negosiasi dengan Irlandia Utara terkait dengan Brexit nanti. Pasalnya solusi tersebut akan berimbas pada empat kategori barang lain jika Irlandia Utara menjadi pasar tunggal di Uni Eropa. Begitulah yang dilaporkan oleh harian The Times.

Irlandia Utara menjadi persoalan yang hingga kini - bahkan mendekati tenggat waktu Brexit tahun 2020 nanti - belum memperlihatkan outlook yang positif. Hal inilah yang kerap menjadi sentimen negatif untuk mata uang poundsterling.

Sebelumnya GBPUSD sempat menguat ke level tinggi 1.3124 ditopang oleh data yang menunjukan pertumbuhan inflasi Inggris yang mencapai angka tertinggi enam bulan. Sayangnya harus berbalik melemah tajam ke level 1.3097 karena sentimen outlook dari alotnya negosiasi Irlandia Utara kembali menyeruak.

Pukul 18.48 WIB GBPUSD diperdagangkan di level 1.3149.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search