Pemerintah Italia Akan Pangkas Anggaran Fiskal, EURUSD Menguat

Pemerintah Italia Akan Pangkas Anggaran Fiskal, EURUSD Menguat

Senin, 26 November 2018 15:34:13 WIB

EURUSD menguat ke level 1.1372 di awal perdagangan sesi Eropa setelah adanya kabar bahwa koalisi pemerintah Italia akan berdiskusi untuk mengurangi anggaran fiskal mereka. Hal ini dilakukan dalam rangka kepatuhan pemerintah Italia terhadap Brussels atau Komisi Eropa dan pemerintah Italia akan berusaha memangkas anggaran fiskal 2019 mereka serendah-rendahnya 2% dari angka PDB mereka.

Angka 2% ini merupakan angka yang diharapkan oleh Komisi Eropa. Sebelumnya Italia mengajukan anggaran fiskal 2,4% dari PDB. Lebih tinggi dari yang dibatasi oleh Komisi Eropa dan naik tiga kali lipat dari periode pemerintahan sebelumnya yang hanya 0,8%.

Negosiasi antara Roma dan Brussels ini membuktikan pernyataan Deputi Perdana Menteri Italia Matteo Salvini yang pada pekan lalu mengatakan bahwa pemerintah Italia mulai akan bersikap terbuka untuk mempertimbangkan kembali pengurangan proposal anggaran fiskal mereka untuk tahun 2019 nanti.

Seperti dikutip dari Reuters, Armando Siri, yang bertindak sebagai Wakil Menteri Infrastruktur mengatakan bahwa diskusi ini dilakukan untuk menghemat anggara agar menghindari gejolak pasar yang berdampak pada ketidakseimbangan ekonomi.

Kabar baik ini telah menjadi sentimen positif untuk EURUSD khususnya terlihat dari turunnya nilai yield Italia 22 basis poin menjadi 0,72%. Turun dari level tertingginya bulan September akibat kekhawatiran terkait anggaran fiskal Italia ini menyeruak.

Pukul 15.31 WIB EURUSD diperdagangkan di level 1.1370 menguat sekitar 37 pip dari penutupan perdagangan pada akhir pekan lalu.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search