Penguatan Dollar Masih Mendominasi Pergerakan Pasar Keuangan

Penguatan Dollar Masih Mendominasi Pergerakan Pasar Keuangan

Selasa, 05 Maret 2019 20:07:07 WIB

Kekuatan dollar bertahan di level tertinggi dua pekan dibandingkan mata uang utama lainnya. Salah satu hal yang membuat nial dollar terdongkrak salah satunya adalah menguatnya nilai yield treasury AS. Disamping itu, para pelaku pasar lebih memilih dollar karena jika dibandingkan dengan negara utama lainnya, perekonomian AS masih dipandang solid dan mata uangnya masih memiliki prospek yang bagus.

Hal ini juga turut didukung oleh China yang memangkas angka proyeksi pertumbuhan ekonominya di tahun 2019 menjadi 6% - 6,5%, angka paling rendah sejak tahun 1990. Disisi lain, Zona Euro juga masih terkungkung dengan proyeksi perlambatan ekonominya. Hal ini membuat euro kurang diminati. Pada hari Kamis (7/03) European Central Bank (ECB) akan mengumumkan hasil rapat kebijakan moneternya. Pasar masih berekspektasi bahwa bank sentral masih belum akan memberikan outlook kenaikan suku bunganya. Hal ini yang masih menjadi sentimen negatif bagi euro.

Selanjutnya, para pelaku pasar akan fokus pada rilis data non-farm payrolls (NFP) AS pada akhir pekan ini. Kekuatan dollar akan diuji oleh rilis data ini karena akan menggambarkan perekonomian AS. Disisi lain para pelaku pasar juga akan mengantisipasi perihal kabar final negosiasi dagang AS-China yang diisukan akan dideklarasikan pada 27 Maret mendatang.

Pada pukul 20.04 WIB saat perdagangan sesi AS sedang berjalan, indeks dollar berada di level 96.80 lebih tinggi dibandingkan pada perdagangan kemarin yang ditutup di level 96.62.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search