Penguatan EURUSD Hari Ini Memanfaatkan Melemahnya Dollar

Penguatan EURUSD Hari Ini Memanfaatkan Melemahnya Dollar

Senin, 17 Desember 2018 20:31:08 WIB

EURUSD menguat ke level 1.1353 di perdagangan sesi AS meski rilis data inflasi zona euro lebih rendah dari ekspektasi. Pukul 17.00 WIB pertumbuhan inflasi zona euro secara year on year hanya tumbuh 1,9% di bawah ekspektasi 2,0%.

Meski dirilis negatif, penguatan EURUSD hari ini berhasil memanfaatkan melemahnya indeks dollar. Para pelaku pasar menantikan pengumuman kebijakan moneter The Fed yang akan berlangsung pada Kamis dini hari nanti.

Terkait dengan perekonomian zona euro, melambatnya outlook pertumbuhan zona euro sebelumnya memang sudah diumumkan oleh European Central Bank (ECB). Pada Kamis lalu (13/12), ECB memang akan memangkas proyeksi perekonomian zona euro. Inflasi pada tahun 2019 diproyeksikan menjadi 1,6%, lebih rendah dibanding proyeksi sebelumnya 1,7%. Sedangkan untuk proyeksi angka produksi domestik bruto (PDB) di tahun 2019 diproyeksikan menjadi 1,7%, lebih rendah dibandingkan proyeksi sebelumnya 1,8%.

Hal ini membuat para pelaku pasar pesimis akan prospek pengetatan moneter yang akan dilakukan ECB pada tahun depan, meskipun akhir bulan ini ECB akan mengakhiri program stimulusnya. Pergerakan pada hari ini terlihat lebih memanfaatkan pada melemahnya kekuatan dollar.

Hingga pukul 20.29 WIB EURUSD berada di level 1.1343 menguat dari level penutup pada Jumat lalu di level 1.1302.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search